Minggu, 29 November 2015

Pulau Pahawang


ini adalah pulau pahawang yang terletak di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan. sekitar 30menit-1jam perjalanan dari bandarlampung.untuk ke pulau ini kita bisa menyewa kapal di ketapang s'harga 380-450 ribu perkapal(msh bisa nego kok,,tenang aja). 1 kapal bisa memuat orang sampai sekitar 15 orang. dan kita bisa menyewa alat snorklingnya s'besar 50 ribu perorang.
perjalanan menuju pulau pahawang ny sendiri dr ketapang sekitar 30-1jam.
pahawang terkenal dengan terumbu karang ny yg masih terjaga dengan baik. banyak ikan-ikan cantik juga,,dan mudah untuk d'tangkap.
sebenarnya pulau pahawang ini adalah pulau pribadi, d'foto itu ada cottage ny kn ?? itu yang punya bule euy,,kalo ga salah si orang perancis atau jerman,,lupa saya. kenapa saya tau,, soalnya ketika pertama kali k'sana yang punya lagi liburan dan gw d'usir dengan cantiknya dari pulau itu.
yah nama ny pulau pribadi kita ga bisa masuk tanpa izin. tapi ketika k'2 kali ny k'pahawang si pemilik lagi ga ada, jadi boleh deh masuk k'pulaunya,,walaupun sampe batas t'tentu.
sebenernya gw heran dan bingung, gimana tu pulau bisa jadi milik dia, klo pulau itu milik dia,,artinya dia beli pulau itu kan,,terus yg jual sapa ??? udah pasti ada campur tangan ma pemda, dan para"aparat. yang heran adalah, apakah bisa dengan s'mudah itu menjual pulau pada orang asing ?? gimana dengan izinnya ???
ah sudahlah skip aja..
kita bahas tentang k'indahan pulau pahawang aja.
pulau pahawang itu mempunyai pasir pantai yang putih dan lembut,,air lautnya juga bening dan bersih. ya wajar si,,ada yang punya, jadi pasti terawat dengan baik, dan kita bakal kena omel klo buang sampah sembarangan(walaupun banyak juga orang ga punya otak yg ga ngerti etika karna buang sampah sembarangan)

ini foto di pantai ny,,abaikan muka saya yang tidak s'berapa ini..
cuma sedikit si foto d'pantai ny..
karna emg cuma sbentar,,





itu adalah foto"terumbu karangnya,,dan ikan"yang hidup d'dalamnya..
kayak lagi d'akuarium ya,,banyak ikan yang ngumpet dibalik terumbu karangnya,,,warna ikannya bagus"deh ><
ah iya,,jangan injek"terumbu karangnya,,terumbu karang beda dengan batu karang,,terumbu karang itu s'macam tumbuhan,,dan makhluk hidup juga,,kalo d'injak ya udah pasti bakalan patah, kalo udah patah dan rusak terumbu karang itu bakalan mati,dan ikan"yang hidup d'dalamnya bakal terancam juga k'hidupannya,,karena hidup mereka b'gantung dengan terumbu karang. kalo terumbu karangnya pada mati ya ga bakal ada ikan lagi,,dan lautnya bakal kayak laut mati yang ga ada kehidupannya.




ini pulau kelagian,,,spot t'akhir yang d'kunjungin dari pulau pahawang,,kalau k'pahawang kita dapet 3spot,,,satunya lupa nama ny apa,,,dan itu juga ga sempet foto"soalnya terumbu karang d'spot k'2 itu udah pada mati semua,,jadi udah ga ada k'hidupan,,dan dalem juga,,mungkin 3 meter atau 5meter deh k'dalamannya..
pulau kelagian ini juga bagus banget,,pasirnya putih bersih dan airnya biru,,tosca dan biru tua,,tiap warna menandakan k'dalamannya,,ada pohon bakau juga disini walaupun cuma sedikit,,dan banyak ikan yang berenang d'bagian air yg rendah,,,

pernah nemu ikan nemo juga d'sini,,,banyak bintang laut,,ada yang warna biru dan ungu,,
sunset d'sini juga bagus banget,,rasanya ga pengen pulang,,,

kalo liburan k'lampung dan pengen snorkling tempat ini wajib dikunjungin,,dijamin ga nyesel deh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar