Rabu, 29 Maret 2017

Air Terjun Tanah Longsor - Padang Cermin, Lampung

Kali ini gue mau bahas Air Terjun Tanah Longsor yang terletak di Padang Cermin. Untuk sampai di lokasi ini membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 2,5 jam. Arahkan kendaraan menuju Padang Cermin. Setelah polsek Padang Cermin sebelah kanan ada plang yayasan Nurul Islam, belok di situ. lalu lurus aja terus sampe ketemu jembatan beton baru  Lalu masih lurus lagi sampe ketemu jalan berbatu.

Nah ini jalan berbatunya

Dari sini jalan masih aja lurus sampe ketemu perkebunan atau hutan gitu, dan jalan berubah jadi setapak. Bila ragu bisa tanya sama warga sekitar sebelum masuk ke perkebunan itu. Dari jalan tanah itu juga masih lurus aja sampe ketemu plang disebelah kanan.

Nah ini plangnya

Sebenernya ada petunjuk jalan, tapi kita harus jeli liatnya,, karna plangnya hanya berupa gambar panah yang dicat di batu atau pohon.

Nah dari plang ini jalan akan berubah jadi tanah, dan tinggal lurus aja sampe ketemu rumah warga terakhir yang berupa warung, kita bisa titipin motor di situ. Karna jalanannya makin sulit,,soalnya berupa tanah yang licin, dan rata-rata motor warga pun mesti pake rante dibagian rodanya.

Nah ini rumah tempat nitipin motornya

Belum ada biaya masuk untuk ke Air Terjun ini, kita cuma bayar parkir aja itu juga tarifnya belum ditentukan. Terserah kita aja mau bayar berapa.

Nah dari rumah itu kita mesti tracking selama kurang lebih 30 menit. Melewati hutan, naik turun bukit. Oh iya mesti jeli liat petunjuk arahnya ya, soalnya cuma berbentuk gambar panah yang di cat di pohon. Dan petunjuknya cuma ada pas kita nemu persimpangan. Kalo gak ada persimpangan ya berarti lurus terus.

Nah kira-kira kayak gitu deh kondisi jalannya

Nanti bakal keliatan air terjunnya dibalik pepohonan

Sebelum sampe bakal lewat sungai kecil dulu

Inilah dia ku persembahkan Air Terjun Tanah Longsor

Perjalanan ke tempat ini begitu melelahkan dan cukup sulit, tapi semua itu selalu terbayar Tempatnya keren,, airnya jernih dan dingin banget kayak air es. Sampe gw dan temen-temen gue menggigil. Dan karna kami kesana pas weekday jadi sepi banget. Cuma ada kami b'4 aja. Jadi berasa kayak milik pribadi gitu. Dan puas banget main-mainnya. Tempatnya juga bersih dan bebas dari sampah, karna udah disediakan tempat sampah yg ukurannya cukup besar bahkan sampe 2 lho.

Oh iya dapet peringatan juga neh dari warga sekitar, kita harus jaga tata krama dan sopan santun. Jadi di Air Terjun ini terdapat Gua gitu, dan kita gak boleh masuk ke Gua tersebut, gak boleh teriak-teriak terlalu keras, gak boleh berkata kasar pokoknya jaga ucapan dan jaga kelakuan lah. Pernah ada kejadian juga, ada yang hmm,,semacam kesurupan kali ya karna gak nurut sama nasihat warga. So, dimana pun kita berada kita harus tetep berperilku sopan ya dan dengerin nasihat dan peringatan warga sekitar, karna mereka lebih tau dan kita hanyalah seorang tamu. Jadi bersikaplah selayaknya tamu :)

Gak percaya ?? Boleh. Tapi bukankah itu juga buat kebaikan diri kita sendiri, kalo kita baik-baik pasti mereka akan senang dan kita akan diterima dengan baik ketika berkunjung untuk ke 2 kalinya. Tapi kalo sikap kita buruk dan bersikap sombong siapa juga yang mau nerima lagi.

Fix gue yang paling handsome XD

Tempat ini masih belum terkelola dengan baik, akses jalannya jg masih sulit. Tapi denger cerita dari tempat kami nitipin motor, warga setempat mulai menaruh perhatian sama Arter ini,, bahkan jalan berbatunya aja warga yang berinisiatif. Tadinya jalannya masih tanah, tapi karna banyak yang ke Arter ini jadi jalannya mulai diperbaiki, uangnya didapat dari sumbangan warga sekitar dan para pengunjung. Dan denger-denger mau dibikin pondokan juga disekitar Arter tersebut. Yah semoga cepet terealisasikan ya, dan tetep terjaga kebersihannya.