Minggu, 19 Februari 2017

Pantai Batu Alif, Lampung



Halo kali ini gue mau cerita pengalaman gue ke Batu Alif.

Batu Alif sendiri terletak di Desa Klawi Bakauheni. Butuh waktu sekitar 3 jam dari Bandar Lampung menuju tempat ini. Setelah Pom Bensin Gatam ada belokan ke kanan, nah di belokan itu ada plang menuju pantai Minang Rua, kalo dari arah Bandar Lampang emang plangnya gak ada. Plangnya terlihat dari arah bakauheni menuju Bandar Lampung. Dari situ lurus aja terus ikutin jalan aspal dan ngelewatin kolong jalan tol sampe masjid sebelah kiri jalan. Disamping masjid itu ada jalan,,ikutin aja jalan itu lurus terus sampe jalan berubah onderlagh, atau gak rata lalu jadi jalan setapak tanah merah dan berbatu.

Gue cuma bisa jelasin sampe situ, sisanya lebih baik kalian nanya sama warga sekitar. Soalnya nanti bakal nemu jalan bercabang beberapa kali untuk sampe ke Batu Alif. Dan semua jalannya itu jalan setapak melewati perkebunan warga. Kemarin itu kami salah parkir motor, kami parkir motor sampe perkebunan hmm apa yah ?? jagung apa ya,, itulah ya pokoknya, kami parkir di situ karna ada pondokan warga gitu. Dan kami dikasih tau sama ibu-ibu yang punya pondokan kalo lebih baik jangan parkir di situ karna nantinya motor kami bakal susah untuk keluar, apalagi kalo hujan karna jalannya menanjak dan itu tanah liat. Jadi kami dorong motor biar bisa tu motor bisa keluar dari pondokan itu. Dan akhirnya parkir di pinggir pohon dan dekat kebun cabe. Nah sampe kebun cabe itu ada jalan setapak menurun menuju batu alif.

Kami mesti tracking selama 30 menit untuk dapat ke batu alif, tracking menuruni jalan setapak yang cukup licin dan dari tanah plus bersampingan dengan jurang. Bayangin pas pulang capeknya bakal gimana. Selain perkebunan bisa dibilang masih hutan, karna masih banyak hewan-hewan liar macem monyet putih dan ayam hutan di tempat ini. Jalan menuju pantai Batu Alif ini mengingatkan gue sama jalan menuju Air Terjun Ulu Belu. Tapi masih mending Ulu Belu, karna kalo Ulu Belu emang udah dikelola sama warganya untuk jadi tempat wisata. Jadi jalannya agak bagus. Dan gak terlalu capek pas ke Ulu Belunya, paling pas baliknya capek banget karna nanjak. Tapi kalo Batu Alif bener-bener belum keurus sama sekali, dan walaupun menurun itu udah bikin capek banget. Karna jalannya masih tanah apalagi karna abis ujan jadi jalannya itu licin jadi kaki kita mesti nahan dan hati-hati soalnya kalo salah melangkah dikit aja bisa kepleset masuk ke jurang.

Nah ini jalan setapak menuju Batu Alifnya

Sebelah kanannya jurang, dan tananhnya itu licin karna abis ujan, kepleset dikit aja kelar idup lo,,hahha


Abis dari nurunin bukit selama 30 menit, akhirnya ada jalan mendatar


Setelah menurun kita bakal lewatin hutan, baru deh nemu pantainya. Pantainya bener-bener masih bersih banget. Airnya itu bening banget, kayak air tawar, pasirnya putih bersih dan lembut. Kalo dari atas lautnya itu terlihat 3 warna gitu, bening, tosca dan biru gelap. Dan air laut yang warna tosca itu terlihat berbentuk bulat kayak kolam, dan samping-sampingnya berwarna biru gelap. Dan setelah sampai dan lihat dari dekat ternyata yang tosca itu ada dasarnya bukan pasir tapi batu-batu gitu.

Garis Pantainya lumayan panjang dan ingetin gue sama pulau Mengkudu, dan bagian ujung mirip Batu Lapis karna ada batu-batu gitu. Pantai ini bisa dibilang pantai perawan, karna yang kesini cuma para pemancing dan warga sekitar. Wajar aja sih, soalnya akses jalannya luar biasa susah dan jauh. Karna Batu Alif ini termasuk laut lepas jadi ombaknya lumayan gede.

Sayang banget karna salah pemilihan hari jadi pas ke sana itu ujan deres, dan kami kebingunan mau berteduh dimana, gak ada pondokan sama sekali jadi berteduhnya di bawah pohon, kebetulan kalo kita menelusuri pantai ini bakal nemu hutan gitu

Nah ini pantainya




Itu Batu Alifnya




Sebenernya tujuan awal itu ke sini, tapi dikarenakan hujan deres gue gak bisa naik ke atas batu alifnya, yang gue denger dari pemancing yang ada di sana kemarin, kalo pemandangan dari atas batu alif itu bagus banget, jadi gue kasih liat foto orang aja yah, yang udah pernah ke atas batunya.

Dan karna cuaca gak mendukung kami gak bisa lama-lama di sana, karna memikirkan jalan pulang yang udah pasti makin ekstrim kalo ujan deres. Kalo mau ke sini gue saranin siapin fisik dan juga kondisi kendaraan mesti prima, karna jalannya emang bener-bener ekstrim bahkan lebih ekstrim dari jalan menuju gigi hiu. Lebih parah. Dan juga jangan segan-segan bertanya sama penduduk sekitar, karna bakal nemuin jalan bercabang terus menuju tempat ini. Inget kalo di Lampung Google Maps itu gak guna, karna Batu Alif ini gak ada di Google Maps. Masih jarang banget yang ke sini.

Ke sini lagi ?? untuk saat ini gak deh, makasih. Soalnya jalannya emang bener-bener luar biasa dan terlalu ekstrim buat gue. Plis lah gue bukan anak mapala,,napas gue gak kuat kalo mesti naik turun bukit buat ke pantai. Kecuali jalannya udah agak bagus atau seenggaknya ada alternatif jalan lain yang gak terlalu ekstrim gue mau deh ke sini. Soalnya jujur aja masih belum puas karna hasil fotonya sama sekali gak maksimal, dan ada tempat yang belum ke foto. Tapi untuk saat ini dan inget jalannya begitu ?? sorry gue gak sanggup. Apalagi masih musim ujan. Nanti dulu deh.

Karena cuaca mendung-mendung manja, yang mengakibatkan hasil foto jadi gelep, jadina mesti diedit deh.

Untuk masuk ke pantai ini gak dikenakan biaya masuk sama sekali, karena pantai ini belum dikelola dengan baik. Dan dikarenakan jalannya itu luar biasa sulit, jadi yang ke pantai ini adalah pemancing. Karena itu lautnya dan pantainya masih bersih banget. Air lautnya bening banget. Kalo dari atas lautnya terlihat 3 warna gitu,,tosca, biru muda dan biru gelap sesuai dengan kedalaman airnya. Dan katanya kalo dari batu itu airnya tetep jernih dan bisa terlihat ikan-ikan yang berenang. Bener-bener masih perawan banget deh ne pantai.

Pokoknya kalo mau kesini kondisi fisik baik pengendara dan kendaraannya mesti prima.  Motornya titipin aja di rumah warga atau kayak gw kemarin di titipin di kebun cabe. Alhamdulillah motornya baik-baik aja. Yang penting mah izin dulu sama warga sekitar. Terus jalannya juga hati-hati, karena taneman yang disana itu milik warga. Jadi gak boleh injek atau ngambil sembarangan. Dan yang terpenting jangan buang sampah sembarangan, itu bikin rusak pemandangan dan keindahan pantainya.

Cukup segitu ya sepertinya. Makasih yang udah baca ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar