Kamis, 18 Agustus 2016

Pulau Condong, Lampung Selatan


Ketika hari kemerdekaan kemarin tepat tanggal 17 Agustus 2016 gue sama temen-temen gue main ke pantai. Gue sama temen-temen gue itu ga ada yang bisa bawa kendaraan. Entah itu motor apalagi mobil,  jadi mesti naik angkutan umum. Sedangkan tempat wisata yang ada di Lampung 90% hanya bisa diakses oleh kendaraan pribadi, karena ga ada angkutan umum yang ngelewatin tempat-tempat wisata di Lampung, dan juga ga ada angkutan khusus buat ke tempat-tempat wisata. Jadi emang mesti pake kendaraan pribadi, kalo ga punya ya mesti sewa kendaraan. Susah dong buat gue dan temen-temen gue yang ga bisa ngendarain motor atau pun mobil, kalo nyater mobil mahal banget,,lagian cuma bertiga. Terus tiba-tiba gue inget ada salah satu pantai yang dilaluin jalur angkot. Yaitu pasir putih. Pasti pada mikir, ya elah mau ngapain di Pasir Putih ?? Ga ada bagus-bagusnya. Ya emang bener sih, tapi tunggu dulu, kan dari Pasir Putih kita bisa nyebrang ke Pulaunya, yaitu Pulau Condong.

Oke gue bakal cerita dari awal berangkat. Rumah gue kebetulan ada di panjang, jadi buat ke Pasir Putih ga terlalu jauh. Gue sama temen-temen gue naik angkot dari depang gang rumah gue. Angkot yang di naikin bukan angkot Panjang yang warnanya oranye itu ya, tapi angkot Rangai yang warnanya hijau muda. Angkot Rangai bisa sampe ke tanjakan tarahan sana lho. Nah jarak dari rumah gue ke Pasir Putih paling cuma 15 menit. Harga angkotnya Rp. 5000. Tapi kayaknya boleh deh kalo bayar Rp. 4000, soalnya deket.

Terus beli tiket masuknya Rp. 6000/orang. Terus kita cari kapal buat nyebrang ke Pulau Condong. Biasanya sih langsung disamperin sama mamas-mamas yang punya kapal. Harga sewa kapalnya Rp. 150.000 dan bisa nampung sampe 10 orang. Tapi berhubung kemarin cuma bertiga temen gue tawar menawar deh. Dan akhirnya dapet Rp. 100.000. Tetep mahal sih, tapi ya udahlah. Soalnya kalo mau berenang di Pulau Pasirnya ga nyaman juga. Pasirnya batu-batu kecil gitu. Terus airnya juga kotor dan banyak lumut dan rumput laut, bikin licin dan gatel.

Nyebrang dari Pasir Putih ke Pulau Condong ngabisin waktu sekitar 10-15menit. Ketika udah sampe Pulau Condong kita bayar lagi Rp. 5.000/orang. Pulau ini jauh lebih bersih daripada di Pasir Putihnya. Ada pasir yang dari batu-batu kecil dan karang gitu, tapi ada juga bagian yang pasir pantainya lembut banget. Air lautnya juga bersih. Terus di Pulau ini juga ada Karang bolong yang berbentuk seperti Gua. Dan pulau ini juga masih ada sinyal buat internetan. Jadi tetep bisa eksis deh.

Pulau ini juga sepi, kemarin ga terlalu banyak yang ke pulau ini. Entah karena orang-orang pada sibuk lomba atau karna banyak pantai yang lebih menarik karena ada wahana-wahana permainan gitu. Soalnya di Pasir Putih ini belum ada wahana permainan gitu kayak di pantai-pantai lain.
Kalo dihitung-hitung lumayan mahal,,karena 1 orang mesti ngeluarin duit sekitar Rp. 50.000 dan itu belum termasuk makan. Yah tapi ini juga karena kami cuma bertiga, kalo lebih banyak orang udah pasti lebih murah.

Dan ini adalah foto-foto di Pulau Condong.

 Pulau Condong, ada pohon besar. Ada hutan juga dan mungkin bisa mendaki gunung juga XD


 Bagian Pulau Condong yang pasirnya lembut.

Pasirnya beneran lembut banget lho, enak buat tidur-tiduran, bersih juga.


 Kalo liat ranting-ranting jadi inget kawah putih,,hahhahaha







 Karang bolong


 Cuacanya lagi mendung


 My Best Friend and My Team Bolangers lol


 Itu kejedug karangnya pas berdiri




 Pas nyebrang ada banyak banget kapal-kapal tanker

Eh tapi ga tau juga ding itu kapal tanker apa bukan. Pokoknya banyak kapal-kapal gitu ada yang udah karatan ada yang masih bagus. Ga tau deh tu kapal ngapain.

 Makan siangnya pake KFC bucket

Kebetulan banget lagi ada promo 17an gitu,,harganya cuma Rp. 66.000 isi 9 potong ayam

¯¯)endeezzz





Kesimpulan dari gue adalah, gue puas kok mantai di sini. Lagian gue emang lebih suka tempat yang ga terlalu rame. Soalnya jadi ga mesti malu-malu pas foto-foto. Dan lebih backgroundnya lebih bagus ga ada orang-orang yang ikutan masuk ke kamera. Recommend juga buat yang pengen ke pantai tapi ga pengen yang jauh dan mulai bosen dengan pantai-pantai yang ada di pesawaran. Dan ke pantainya cuma buat hunting foto doang.

Dan gue pribadi berharap semoga transportasi di Lampung diperbaiki lagi. Yang bisa menjangkau tempat-tempat wisata lain yang ada di Lampung, atau sediakan angkutan khusus untuk ke tempat pariwisata. Jadi ga ribet pas mau jalan-jalan. Terutama wisatawan atau backpacker gitu. Karna kalo pake kendaraan uumum lebih terasa petualangannya.

Rincian Biaya :
  • Angkot Rangai (warna hijau muda) : Rp. 5.000
  • Tiket Masuk Pasir Putih : Rp. 6.000/orang
  • Sewa kapal ke Pulau Condong : Rp. 100.000/kapal (bisa menampung maksimal 10 orang)
  • Tiket Masuk Pulau Concong : Rp. 5.000/orang
Sekian ^^

2 komentar:

  1. kak , maaf mau tanya nih ..
    minggu dpan rencana mau ke pulau condong nih , ada kontak pemilik perahu yg buat nyebrang ke pulau nya gak ??
    trus rincian biaya :
    1 . pintu masuk pasir putih
    2. parkir motor di pasir putih
    3. tarif kapal ke p.condong PP.

    trus apakah di pulau condong bisa menginap dgan tenda sendiri / harus sewa homestay .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry,,gw baru baca. Biaya masuknya 6ribu/orang kalo parkir paling tambah 2 atau 3 ribu.
      Sewa kapal 150 ribu/kapal,,tapi bisa d'tawar. Coba aja tawar.
      Kalo mau nginep d'pulau condong mesti bawa tenda sendiri karna gak ada pondokan. Pondokan ada sih tapi pondokan buat jualan. Untuk lebih jelas bisa tanya sama petugasnya.

      Hapus