Selasa, 10 Januari 2017

Lampung - Jakarta - Bogor Day 2

Lanjut hari ke 2. Hari ke 2 kami mau ke Bogor. Dan kami langsung cek out dari Apartemen KalCit. Dan tas juga barang-barang kami,,kami titipkan dulu sama temennya temen kami. Jadi pas kami ke Bogor gak berat-berat bawa barang deh. Setelah nitip barang kami langsung berangkat menuju stasiun buat beli tiket ke Bogor. Tetep pake commuter line kok, harga tiketnya Rp. 5.000, dan kami mesti transit di stasiun Depok. Perjalanan dari Stasiun Duren Kalibata menuju Stasiun Bogor sekitar 1 jam perjalanan. Dan kereta menuju Bogor itu penuh banget, dan kami memaksa masuk. Bahkan salah satu temen kami tertinggal dan mesti naek kereta selanjutnya karna gak bisa masuk, hahahahaha. Ketika kami sampai di stasiun Bogor kami mencari angkutan umum untuk pergi ke tempat tujuan. Tujuan awal kami adalah Pabrik Chimori, tapi setelah tanya-tanya ternyata akses ke sana cukup susah bila menggunakan angkutan umum. Kalo naek angkot bisa 3x naek angkot, dan untuk pulang kami harus sewa ojek. Sebenernya sih bisa aja kami pake ojek online macem gojek atau grab, tapi kami harus mengeluarkan uang Rp. 40.000 sekali jalan. Jadi Rp. 80.000 buat pergi pulang. Karna uang yang kami bawa itu pas-pasan banget, jadi kami batalkan niat kami untuk pergi ke Chimori dan cari alternatif lain. Dan akhirnya kami putuskan untuk pergi ke Kebun Raya Bogor. Kami pun naek angkot yang menuju Kebun Raya Bogor, harganya Rp. 4.000/orang, soalnya deket.

Nah ini pintu gerbang Kebun Raya Bogor

Pintu masuk Kebun Raya Bogor

Nanti pas di pintu masuk tas kita bakal diperiksa sama petugas dan kita juga ngelewatin alat detektor gitu. Karna Kebun Raya Bogor ini deket sama Istana Bogor jadi tingkat keamanannya cukup tinggi ya. Nah nanti abis diperiksa segala macem, kita bisa antri di loket untuk beli tiket masuk. Harga tiket perorangnya Rp. 14.000. Dan kita udah bisa nelusurin seluruh Kebun Raya Bogor ini (kecuali Istana Bogornya) dan kita bisa masuk museumnya juga tanpa dipungut biaya lagi. Tapi gue gak tau letak museumnya dimana, soalnya luas banget. Ada petanya sih, tapi males liatnya karna udah capek duluan. Ada si mobil wisata yang nganterin pengunjung untuk keliling Kebun Raya Bogor ini, tapi gue kurang tau itu bayar atau gak. Kayaknya gak cukup seharian deh ngelilingin Kebun Raya Bogor ini, karna luas banget, kayak gak abis-abis, dari ujung ke ujung. Tapi suasananya adem, jadi betah deh lama-lama. Karna Kebun Raya Bogor ini masih satu wilayah sama Istana Bogor jadi polisi dan tentara ada dimana-mana. Dan kita gak boleh mendekat ke pagar Istana Bogor, padahal mah jarak dari pagar sampe ke istananya sekitar 1kilo, tapi nempelin tangan ke pagarnya aja di larang. Keamanannya benar-benar ketat.

Ini Kolam teratai, pas banget bunga teratainya lagi pada mekar, jadinya cantik

Untung cuacanya lagi cerah jadi hasil fotonya bagus

Hutan belantara

Jembatan Kebun Raya Bogor menuju taman yang lain, ntah taman apaan

Ada air mancurnya, tapi gak boleh masuk, pagarnya dikunci

Banyak keluarga yang liburan di sini

Tim Bolang

Setelah keliling-keliling, akhirnya kami mutusin untuk pulang. Dan sekali lagi kami tanya-tanya sama warga sekitar gimana caranya kami bisa ke stasiun bogor. Dan kami disarankan untuk jalan kaki aja melawan arah dari kami pas datang tadi, karena menurut bapak-bapak yang ngasih tau jalan ke kami kalu naek angkot bakal muter jauh banget plus kena macet. Jadi lebih baik kami jalan kaki aja, karena kalo jalan kaki gak terlalu jauh. Dan yap bener banget ternyata sebenarnya Kebun Raya Bogor dari Stasiun Bogor itu gak terlalu jauh, kira-kira setengah jam - 1 jam kalo ditempuh dengan jalan kaki.
Waaah,,gak sangka ye,,hahahhaha. Dan trotoar di Bogor itu nyaman buat pejalan kaki, kalo di Lampung kan trotoarnya di pake buat parkir motor dan pedagang kaki lima,,kalo di Bogor bersih dan nyaman, dan banyak pepohonan jadi adem deh.

Ini suasana trotarnya

Ketemu badut panda ><

Setelah jalan beberapa lama kami pun kelaparan dan memutuskan untuk makan. Dan kami memilih sate. Gue pesen sate ayam plus nasi. Harga sate ayam plus nasi perporsinya  Rp. 18.000, sedangkan untuk sop kambing plus nasi Rp. 25.000. Dan minumnya es cincau seharga Rp. 5.000. Rasanya enak kok, sop kambingnya apalagi. Sayang sambelnya kurang pedes T^T.

Setelah selesai makan kami jaln-jalan sebentar di pasar deket stasiun. Dan gue beli oleh-oleh berupa cemilan. Harga perbungkusnya Rp. 10.000, tapi setelah tawar menawar Rp. 50.000 bisa dapet 6 bungkus. Hehehehe, lumayan banget kan. Setelah selesai belanja kami pun antri ke loket untuk beli tiket menuju stasiun Duren Kalibata. Harga tiketnya Rp. 5.000, dan kami mesti transit, tapi gue lupa di stasiun apa, pokoknya stasiun terakhir deh. Setelah ambil barang-barang kami langsung ke stasiun Tanah Abang. Kami tiba di staisun Tanah Abang jam 4 sore. Dan langsung beli tiket ke merak.Tapi ketika nanya sama petugas stasiun, keretanya udah berangkat dan kereta selanjutnya baru dateng jam setengah 11 malam T_T. Ketinggalan kereta itu menyakitkan ya. Tapi kata petugasnya kita bisa ngejer kereta, langsung aja ke stasiun duri. Pas turun tangga menuju peron yang ke arah stasiun duri petugas kereta manggil dan bilang kalo kereta menuju stasiun duri udah gak ada. Kekejaman macam apa ini, jadi mau ga mau kami mesti nunggu kereta yang jam setengah 11 itu. Dan harga tiketnya ternyata lebih mahal yaitu Rp. 50.000. Dan waktu tempuh dari stasiun Tanah Abang menuju merak sekitar 3,5jam. Karna loket tiket baru dibuka jam 9 malem jadi kami terbengkalai di stasiun selama 5 jam, untung aja ada tempat ngecas dan ada wifi juga jadi gak bete-bete amat nunggunya. Dan setelah beli tiket kami segera ke peron 6 kalo gak salah untuk menunggu kereta menuju merak. Ternyata keretanya telat. Yang harusnya dateng jam 22.30 malah dateng jam 01.00. Jadi lagi-lagi kami harus nunggu selama 2,5 jam. Gila bete banget dan kesel. Rasanya pengen marah-marah. Dan setelah keretanya dateng kami langsung tertidur karna udah terlalu lelah. Setelah sampe merak kami pun segera beli tiket kapal sebesar Rp. 13.000 perorang. Dan setelah sampai di bakauheni kami memutuskan untuk naik bis, karena kalo travel harganya Rp. 50.000 perorang.Sedangkan bis hanya Rp. 30.000 perorang udah pake AC. Dan saya pun sampe rumah tepat pada jam 11.00 siang.

Ini adalah perjalanan yang sangat luar biasa buat saya. Memang hanya ke Jakarta, tapi kekurang tahuan kami tentang transportasi itu yang sangat menyusahkan. Tapi benar-benar memberikan pengalaman yang sangat berharga. Dimana kami harus selalu bertanya tentang kereta yang harus kami naiki agar tidak nyasar. Harus menahan berat tas yang kami bawa ketika tidak mendapat tempat duduk di kereta. Ngejer-ngejer kereta biar gak ketinggalan. Empet-empetan di kereta sampe susah untuk bernapas dan berdiri tegak. Menahan emosi karena berebut masuk kereta. Jalan kaki berjam-jam dan berkilo-kilo dicuaca panas, karena naik angkutan umum akan memutar jauh dan hanya membuang-buang waktu. Memikirkan dengan benar gimana caranya menghemat uang saku, agar bisa makan dan cukup untuk ongkos pulang karena bawa uang hanya pas-pasan. Dan betapa beruntungnya saya mempunyai teman seperjalanan yang sangat kuat dan tidak mengeluh ketika mengalami itu semua. Terima Kasih atas perjalanan dan pengalaman luar biasa ini. Ternyata Backpacker itu tidak semenakutkan yang saya pikirkan selama ini. Dan ternyata saya bisa pergi kemanapun yang saya mau.

Oke berikut perincian biayanya :

Day 1
·         Sokongan mobil dari Balam menuju merak                            Rp. 30.000
·         Tiket Kapal Bakauheni – Merak                                              Rp. 13.000
·         Tiket ruangan AC di Kapal                                                      Rp.   8.000
·         Tiket Kereta Merak – Palmerah                                               Rp.   8.000
·         Tiket Commuter Line Palmerah – Tanah Abang                     Rp. 13.000
·         Soto Betawi + Nasi (Lunch)                                                    Rp. 25.000
·         Isi ulang Commuter Line Tanah Abang – Duren Kalibata      Rp.   3.000
·         Penginapan                                                                               Rp. 60.000
·         Richeese Factory (Paket Combo Fire Wings)                          Rp. 36.000

Day 2
·         Isi ulang Commuter Line Duren Kalibata – Kebun Raya Bogor      Rp.   5.000
·         Angkot dari stasiun Bogor – Kebun Raya Bogor                              Rp.   4.000
·         Tiket Masuk Kebun Raya Bogor                                                       Rp. 14.000
·         Sate ayam + nasi (Lunch)                                                                  Rp. 18.000
·         Oleh-oleh Cemilan                                                                             Rp. 50.000
·         Isi ulang Commuter Line Bogor – Duren Kalibata                            Rp.   5.000

Day 3
·         Isi ulang Commuter Line Duren Kalibata – Tanah Abang      Rp.  3.000
·         Tiket Kereta Tanah Abang – Merak                                         Rp. 50.000
·         Tiket Kapal Merak – Bakauheni                                               Rp. 13.000
·         Tiket Bus Bakauheni – Rumah                                                 Rp. 30.000
·         Biaya Lain-Lain                                                                        Rp. 30.000

Dan semuanya biayanya adalah Rp. 418.000 (kalo gak salah itung karena ada yg nyelip ya). Horeeee. Tenang aja kalo cuma Rp.18.000 mah gue gak perlu minjem karena duit receh gue di tas aja ada Rp. 30.000. Hahahahahaha. So, murah kan kalo backpacker mah. Tapi karena ngeteng ya udah pasti capek banget. Ditambah lagi karena kereta telat, jadi capeknya double deh. Tapi pengalaman yang didapet bener-bener berharga. Nah itu dia deh perincian biaya dan perincian kegiatan gue selama ke Jakarta dan Bogor. Ini gue buat dengan sejelas-jelasnya dan seinget gue. Semoga cukup membantu ya. Terimakasih  >_<