Senin, 30 Januari 2017

Tanjung Tua - Bakauheni, Lampung

Kali ini gue mau ngepost tentang Tanjung Tua lagi. Ini kunjungan ke dua gue. Waktu pertama kali ke Tanjung Tua cuacanya lagi mendung, nah ini cuacanya lagi cerah. Dari Bandar Lampung menuju Tanjung Tua sekitar 3 jam, gue lupa. Dari Panjang itu jalannya lurus aja nanti pas turunan menuju bakauheni kita belok kanan, nanti ada plangnya kok. Terus tinggal ikutin jalan, sampe jembatan kita belok kanan. lurus terus dan ikutin jalan sampe ketemu masjid, nah kalo udah ketemu masjid nanti belok kanan lagi. Kalo masih kurang jelas bisa ditanyakan sama penduduk sekitar, ramah-ramah kok. Dari plang Tanjung Tua sampe ke Tanjung Tuanya itu lumayan jauh. Dan gak bisa pake mobil, karena beberapa meter dari masjid itu jalannya setapak. Jalannya emang udah di paping, tapi bener-bener sempit banget, dan cuma muat 2 motor, dan ada beberapa bagian yang cukup rusak. Selain jalanannya sempit, kanan kiri itu kebun-kebun gitu, dan tanjakan yang cukup curam dan panjang. Setelah kurang lebih 30 menit, kita sampai deh di Pantai Tanjung Tua. Tiket masuknya Rp. 10.000/orang, dan untuk ke towernya dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000. Tiket untuk ke towernya jangan dibuang, karna pas mau naik towernya kita mesti nunjukin tiket itu.

Sebenarnya Tanjung Tua ini lebih dikenal para pemancing, banyak pemancing yang memancing di tempat ini, dan kemungkinan besar merupakan tempat keramat, karena ada larangan gitu. Nah kalo mau ke towernya kita mesti mendaki bukit kayaknya sih cuma 10 menit deh, tapi karena mendaki jadi berasa lama dan capek banget. Terus di sekeliling bukit itu isinya pohon pisang sama kebun jagung. Nah sampe di tower itu biasanya kita nunggu dulu deh, karna yang ngantri biasanya banyak. Jadi selama nunggu kita bisa foto-foto. Tempatnya bagus banget, jadi dari atas bukit ini kita bisa liat hamparan laut berwarna biru, kayak karpet.

Padang rumput dengan pemandangan laut berwarna biru

Karna kami udah kecapean duluan, ditambah cuaca panas banget, jadi lebih menguras tenaga, kami gak jadi naik ke towernya. Dan lebih milih untuk turun dan ke pantainya aja.
Tapi bagi yang pengen tau gimana pemandangan dari atas tower itu gimana gue kasih liat deh foto temen gue yang ke towernya.

Nah ini waktu kami pertama kali ke Tanjung Tua, dan naik towernya. Itu pemandangan yang bisa diliat dari atas tower, karna mendung jadi gak terlalu keliatan.

Oh iya untuk naik towernya ada batasan jumlah, yaitu maksimal 4 atau 5 orang, untuk keamanan. Kalo gak dibatesin takutnya towernya gak kuat untuk menampung dan malah berbahaya dan terjadi hal-hal yang gak diinginkan. Dan karna banyak yang ngantri ada batasan waktunya juga, biar semuanya kebagian.

Nah ini dibagian ujung pantainya

Kalo kita nelusurin pantainya kesebelah kanan bakal nemu ini. Tempatnya kayak semacam tebing gitu dan banyak yang melompat dari tebing ini ke lautnya. Dan bagian sini lautnya cukup dalem ya.

Tempat ini juga lumayan sulit dijangkau, tapi pemandangan yang didapet bener-bener mengobati kelelahan selama perjalan. Lautnya masih biru dan bersih banget, bahkan terliat seperti kaca karna bening. Tapi ombaknya cukup gede. Kalo mau ke tempat ini gue saranin pas cuacanya cerah, soalnya selain jalan menuju ke tempat ini cukup sulit, dan kalo ujan udah pasti licin, hasil foto juga akan kurang maksimal. Karna lautnya gak bakal terliat biru.